mati kata = kata mati?!

apa sih maksud judul entry blog gue kali ini? mati kata artinya macet dalam berkata-kata, sedangkan kata mati buat gue artinya kata yang nggak memiliki arti apa-apa. waduh, apa gue udah tertimpa writer’s block sehingga nggak bisa nulis dengan baik dan benar lagi? walah, mau nyari alasan lagi kenapa cerpen dan cerber baru nggak muncul-muncul? nggak, yang mau gue curhatin sekarang adalah penyakit gue yang nyebelin bahkan lebih tepat disebut memalukan.

lidah gue kadang nggak bisa dikendalikan sehingga memuntahkan sepatah-dua patah kata tolol tanpa arti. contohnya, kemarin malam gue bersua seorang teman yang sudah setahun ini tak gue temui batang hidungnya. sekalinya ketemu, bukan cuma hidungnya yang gue lihat, hidung suami dan anaknya juga muncul di hadapan gue. dan apa yang gue katakan saat itu? ‘Hai! Apa kabar? Ngapain aja loe selama ini?’, begitu seharusnya yang gue ucapin karena kalimat-kalimat itu yang dikirim dari otak gue, tapi apa yang keluar dari mulut gue? ‘Heeee!! Heeeee!!!’. teman gue nyengir dan gue terdiam sejenak sebelum mengeluarkan jejeritan nggak jelas itu lagi sampai akhirnya teman gue itu berlalu bersama rombongannya.

mak!! misua gue yang sedang menggandeng gue terkekeh. dia tahu penyakit ‘clap’ bininya kumat lagi. ‘clap’? apa lagi tuh? latah, ya? bukan, karena gue bukan termasuk jenis orang yang gampang dikagetin. jadi jangan berharap gue meneriakkan dengan lantang berbagai kata tentang jeroan laki-laki.

‘clap’ (cara membacanya dalam bahasa Indonesia bukan Inggris lho) adalah meaningless word yang paling sering gue ocehin kalau ketemu salesman atau SPG. hayah, emang salesman ama SPG punya salah apa ama gue? nggak ada, selain mengganggu ketenangan gue. deuh, maap ya buat temans dan pembaca yang berprofesi sebagai salesman atau SPG. gue sama sekali tidak berniat melecehkan profesi kalian. malah menurut gue, profesi sebagai salesman itu adalah salah satu profesi paling sulit di dunia karena tidak semua orang mampu melakukannya. karena dibutuhkan kontrol diri dan ketabahan tingkat tinggi yang sama sekali tidak gue miliki.

namun entah kenapa gue sering kikuk kalau ketemu manusia yang membawa-bawa brosur atau menyodor-nyodorkan barang sampel sambil membombardir dengan kata-kata manis penuh promosi. mungkin kerikuhan gue dalam menolak iming-iming dari mereka yang bikin penyakit norak itu kumat. karena itu seringkali gue hanya mengacungkan lima jari kanan sambil tersenyum karena bila gue memaksakan diri bicara, yang keluar pasti kata ‘clap’.

lucunya penyakit mati kata ini baru gue sadari belakangan ini saja. padahal sejak dulu sudah ada. hanya saja sepertinya bertambah parah. kalau dulu paling gue tergagap, sekarang malah mengucapkan bahasa planet yang superefisien. bayangkan, 1 patah kata sudah mewakili lebih dari serangkaian kalimat. bisa jadi gue termasuk bangsa Smurf.

gue sendiri penasaran, apa sih yang bikin macet lidah gue? siapa yang sudah merampok sederet kata teratur rapi dalam perjalanan dari otak ke lidah gue? entah penyakit gue ini boleh disebut phobia atau tidak, yang jelas gue sudah berusaha menghilangkan kebiasaan buruk ini dengan menarik napas panjang sebelum menjawab tawaran ramah para salesman dan SPG. sayangnya karena buru-buru, gue jadi sering lupa melakukannya, dan terdengarlah ‘clap’ atau ‘heee!!’. weks! ternyata penyakit gue makin parah. masa teman sendiri udah gue samain ama SPG? waduh, maaf ya…

Advertisements

One thought on “mati kata = kata mati?!

  1. widyaharningtyas says:

    wah sama dunk pnyakitnya ya…aq jg sering kumat tuh…..mati kata saat ketemu ma cowok yg ku taksir stengah mati…tp sygnya dia kok g’jg mau ya sm aq, msh aja nempel ma pacarnya itu…..uughhh

    ehm, turut prihatin, jeung. semoga penyakit kita cepat sembuh, ya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s