menua

menjadi tua adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari oleh makhluk hidup mana pun. tak terkecuali pesohor penikmat operasi plastik dan botox 😀 . makhluk2 imortal macam vampire pun tetap menua. buktinya, biarpun penampilan mereka super awet muda, mereka tetap mengakui usia mereka yang sudah ratusan bahkan ribuan tahun. waktu itu adil karena tiap orang sama-sama mendapat jatah yang sama: 24 jam sehari dan tidak bisa dijinakkan. waktu terus berjalan sebagai penanda hidup. karena itu menjadi tua bukan kesalahan siapa-siapa.

belum tentu usia yang lebih tua menandakan resume hidupnya lebih panjang daripada yang lebih muda. apalagi kalau yang riwayat hidupnya lempeng-lempeng saja seperti gue. belum lagi gue pernah berhibernasi selama bertahun-tahun tanpa melakukan banyak aktivitas yang berarti. begitu kembali ke dunia normal, gue mirip orang yang baru tersadar dari koma dan kini gue berusaha mengejar ketertinggalan asam-garam dalam hidup gue. bagaimana pun gue merasa tersanjung sudah dituakan oleh bocah-bocah di lingkungan kerja meski sesungguhnya belum pantas. jadi maklumi saja kalau Continue reading